Pembahasan Letter of Commitment (LoC)

riau

PEKANBARU – Tepat pada hari Selasa 29 Agustus 2017, Inspektorat Daerah Provinsi Riau mengadakan Rapat Pembahasan Letter of Commitment (LoC) bersama 3 orang dari Inspektorat Jenderal Kementrian Keuangan (Itjen Kemenkeu) di Ruang Rapat (Ekspos) Inspektorat Daerah Provinsi Riau. Acara dimulai pada pukul 09.00 hingga 10.30 WIB pagi hari.

Adapun poin-poin pembahasan dalam rapat tersebut yaitu Tujuan & Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Sinergi Pengawasan Penerimaan Negara oleh APIP K/L/D Tahun 2017, Overview Draf Instruksi Presiden tentang Pengawasan Penerimaan Pajak atas Belanja Pemerintah dan Penerimaan Negara Bukan Pajak oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Kementrian/Lembaga Negara/Daerah, Overview Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) rentang tahun 2014-2016, Overview Penerimaan Pajak atas Belanja Negara, Kesepahaman APIP K/L/D atas Pengawasan Penerimaan Negara dalam bentuk Penandatangan Letter of Commitment (LoC), serta Tindak Lanjut Rapat Kerja Nasional.

Ketua Tim Itjen Kemenkeu, Ibu J. Tiurmaida mengatakan bahwa tindak lanjut dari rakernas yang rencananya akan dilaksanakan pada 12 September 2017 yaitu akan diadakan pelaksanaan rapat secara berkala mulai tahun 2018 dalam rangka koordinasi pengawasan dalam bentuk forum pengawasan penerimaan negara, kemudian Penyusunan pedoman pengawasan PNBP bagi APIP K/L/D sebagai tools bagi APIP dalam melakukan program pengawasan Penerimaan Negara di unit kerjanya serta Perencanaan diklat bagi APIP K/L/D dengan memanfaatkan Balai Diklat Keuangan yang dimiliki oleh Kementerian Keuangan terkait pengawasan PNBP dan pajak atas belanja Negara. Untuk tindak lanjut awal oleh Inspektorat Daerah Provinsi Riau adalah dengan memonitor terkait izin, tambah beliau.

(Silvi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *